BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 09 Mei 2012

GSJ News: SMAN Pintar pun Peduli Lingkungan


Minggu, 17 April 2011, di Halaman Koran Ripos


Kondisi alam sekarang sangat jauh dari a yang diharapkan. Dimana-mana polusi, udara kotor, debu, terutama asap kendaraan ada di mana-mana. Belum lagi pabrik-pabrik atau perusahaan industri yang membuang limbah sembarangan. Semua itu membawa dampak negatif yang sangat berpengaruh terhadap lingkungan alam sekitarnya, baik lingkungan biotik maupun abiotik. 


“Sebagai manusia yang akan merasakan dampak dari pengaruh tersebut, seyogianya kesadaran untuk memperbaiki alam tersebut ditanamkan dari sekarang.  Meski semua itu tidak mudah, pasti akan ada jalan bila mau berusaha,” ucap  Delfira Yusrila Dewi, Guru Bahasa Indonesia SMAN Pintar saat di wawancarai pekan lalu.




Untuk itu, pelajar SMAN Pintar telah mulai menyelamatkan alam tersebut dengan beberapa cara, walau hanya dalam lingkup yang masih terbilang kecil.



Kampus  SMAN Pintar yang baru merupakan awal yang baik  untuk melaksanakan niat tersebut.  Awal penanaman pohon  yang bertajuk  One Man One Tree sukses dilaksanakan saat peresmian SMAN Pintar pada Kamis, (24/2) lalu. Acara itu dihadiri oleh Bupati Kuansing, Ketua DPR, Kadis Pertanian, Kadis Kehutanan, Dekan Fakultas Pertanian dan Mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR), pihak PT Arara Abadi, serta dari kalangan pelajar. 



Masing-masing dari mereka menanam pohon buah di depan perkantoran gedung SMAN Pintar. Selanjutnya siswa-siswi akan ditugaskan untuk merawat setiap pohon yang akan ditanamnya.
Pohon yang ditanam tersebut harus betul-betul dirawat sampai tumbuh besar. Sehingga, akan kelihatan pohon siapa yang mati dan pohon siapa yang hidup. Setiap pohon yang ditanam di beri nama seperti nama si penanam, sehingga dengan mudah pohon tersebut di kenali siapa penanamnya.



Setiap tamu yang hadir juga di persilahkan untuk menanam pohon yang sudah disiapkan di lokasi SMAN Pintar. Jadi, di samping menyumbangkan tenaganya dalam menanam pohon, hal ini juga akan membuat kebanggaan tersendiri bagi si penanam, karena pohonnya  akan selalu terawat dengan baik dan atas namanya sendiri.



Pernyataan tersebut dibenarkan oleh Guru Muatan Lokal SMAN Pintar, Wiwin Satriadi yang mengatakan,” Setiap pohon yang ditanam di halaman SMAN Pintar akan dirawat dengan baik dan akan di atas namakan si penanam,” ujarnya.


One Man One Tree sebenarnya merupakan kelanjutan dari   bentuk kerja sama antara PT Arara Abadi dengan pihak Faperta UIR. Sasaran dari kerja sama tersebut adalah menggalakkan program sejuta pohon. Di Kuansing penanaman tersebut lebih berfokus di Sport Centre dan SMAN  Pintar.


Bibit-bibit yang disumbangkan hasil kerja sama PT Arara Abadi dengan Faperta UIR tersebut berupa tanaman buah, yakni bibit jambu air unggul, yang diharapkan dapat bermanfaat bagi SMAN Pintar. Tidak hanya untuk penghijauan, tetapi juga akan menghasilkan buah yang diharapkan dapat mempunyai daya jual yang tinggi.


Selain bibit jambu air, pihak Dinas Perkebunan Kabupaten Kuantan Singingi juga tergugah untuk menyumbangkan bibit-bibit lain. Bibit-bibit tersebut diantaranya bibit matoa, dan lengkeng. Hal ini tentu saja sangat mendukung program One Man One Tree yang digalakkan oleh SMAN Pintar. Diharapkan dengan adanya bibit-bibit ini, SMAN Pintar bisa menjadi indah, rindang, serta menjual berbagai buah yang berkualitas.


Untuk perawatan, SMAN Pintar memakai pupuk kandang, yang secara suka rela dibawa siswa-siswi saat mereka pulang untuk mengisi liburannya di rumah. Selain itu, OSIS telah merencanakan untuk membuat pupuk kompos dari sampah-sampah yang bisa didaur ulang. Selain dapat meningkatkan kelestarian lingkungan, pengolahan sampah-sampah ini juga dapat mengakibatkan lingkungan menjadi bersih.(lia-gsj/new)

0 komentar: