BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 05 Oktober 2009

MALAYSIA KLAIM SENI INDONESIA

MALAYSIA KLAIM SENI INDONESIA
Malaysia mengapa ini harus terjadi?Banyak sekali kebudayaan Indonesia yang diklaim Malaysia,baik dari alat-alat musik tradisional(angklung,calung,kulintang, dan sebagainya),dan jenis tari-tarian(pendet,reog ponorogo,dan sebagainya).Apalagi nyanyian pada masa kemerdekaan yaitu nyanyian terang bulan nadanya hamper sama dengan lagu kebangsaan mereka.Mereka menganggap itu adalah milik mereka,padahal jelas-jelas milik Indonesia.terlebih lagi ketika Malaysia menyatakan bahwa tari pendet adalah tari-tarian mereka,itu sungguh tidak masuk akal.
Kita juga mengetahui bersama bahwa jenis koreografi tari pendet sungguh rumit.tari ini mempunyai ciri has tersendiri,dan sukar sekali dipelajarinya sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajarinya.
Peristiwa ini sekali lagi sungguh tidak masuk akal jika dibandingkan dengan nilai-nilai budaya mereka yang mayoritas orang-orangnya melayu. Lihatlah jenis-jenis seni yang telah mereka klaim sangat berbeda jauh dari apa yang menjadi kebudayaan dan seni mereka.
Namun,marilah kita lihat ke belakang,sudah betulkah kita akan semua itu?kita boleh mengklaim balik namun kita juga harus melihat sisi positif dari apa yang telah terjadi.Untuk kedepanya marilah kita jaga kesenian kita.Bila perlu kita hak patenkan supaya menjadi bukti bahwa inilah Indonesia yang mempunyai berbagai macam kesenian.agar tidak terjadi ketegangan antara dua Negara yang serumpun.

0 komentar: